Rabu, 19 Januari 2022

EnglishIndonesian

BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS II TANJUNGPINANG

BADAN KARANTINA PERTANIAN
KEMENTERIAN PERTANIAN

Vaksin Aksi Covid 19 Sebanyak 1440 Dosis, Kolaborasi Karantina Pertanian Tanjungpinang dan Karantina Kesehatan Pelabuhan Peringati HKP ke-144

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Tanjungpinang – Dalam rangka memperingati Hari Karantina Pertanian, dengan mengusung tema 144 Tahun Karantina Pertanian sinergi lindungi negeri, Karantina Pertanian Tanjungpinang menyelenggarakan kegiatan Vaksin Covid-19 sebanyak 1440 paket vaksin. Vaksinasi yang diselenggarakan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjungpinang dan PT Angkasa Pura, diselenggarakan di Halaman Parkir Bandara RHF Tanjungpinang (15/10).
Karantina Pertanian telah mengabdi pada negeri sejak 144 tahun yang lalu, dengan diterbitkannya peraturan pelarangan pemasukan kopi dari Sri Lanka karena sedang terjadi wabah penyakit hawar daun kopi. Karantina Pertanian berkomitmen menjaga negeri dari masuk dan tersebarnya hama penyakit bagi hewan maupun tumbuhan. Layanan sertifikasi karantina merupakan jaminan kesehatan untuk kelancaran dan keamanan semua komoditas pertanian yang dilalulintaskan.
Dihadapan peserta vaksin yang sebagian besar adalah masyarakat yang belum memahami perkarantinaan, Raden Nurcahyo Nugroho, Kepala Karantina Pertanian Tanjungpinang menyampaikan sosialisasi perkarantinaan dalam sambutannya.
“Karantina Pertanian tugasnya memberi jaminan kesehatan bagi komoditas pertanian yang dilalulintaskan, sedangkan jaminan kesehatan manusia dilaksanakan oleh Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP),” ujar Raden.
Komoditas pertanian berupa hewan, tumbuhan dan produk turunannya yang akan di ekspor atau dilalulintaskan antar wilayah wajib diperiksa dan disertifikasi karantina. Dengan dilengkapi Sertifikat Kesehatan, merupakan jaminan produk diterima di tempat tujuan.
“Dengan vaksinasi covid-19, merupakan modal dasar kita untuk menjaga kesehatan dan meneruskan pembangunan. Semoga kegiatan ini membantu menekan penularan covid-19 hingga level 0,” pungkas Raden.
Kepala KKP Tanjungpinang, Agus Jamaludin, menyampaikan selamat Hari Karantina Pertanian dan dukungan atas pelaksanaan vaksin dengan menyediakan vaksin sesuai jumlah yang dibutuhkan.
Sementara itu, GM PT Angkasa Pura, Ngatimin K. Murtono, dalam sambutannya menyatakan, “Dalam rangka Hari Karantina Pertanian, kami memberi dukungan penuh untuk kesuksesan vaksinasi ini dengan memindahkan layanan vaksin ke lokasi ini,”

Artikel Lainnya

Tinggalkan komentar