Sabtu, 16 Oktober 2021

EnglishIndonesian

BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS II TANJUNGPINANG

BADAN KARANTINA PERTANIAN
KEMENTERIAN PERTANIAN

Sukseskan Gratieks, Karantina Pertanian Tanjungpinang Audiensi Dengan Sekda Kab. Bintan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tanjungpinang – Sebagai komitmen sukseskan program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) yang dicanangkan oleh Menteri Pertanian, Kepala Karantina Pertanian Tanjungpinang, Raden Nurcahyo Nugroho, melakukan audiensi dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan, Adi Prihantara di Bandar Seri Bentan (15/02).

Pada kesempatan tersebut Raden menyampaikan bahwa, Karantina Pertanian Tanjungpinang sebagai unit pelaksana teknis Kementerian Pertanian yang ditunjuk sebagai koordinator program Gratieks, yang mendapat tugas untuk berkoordinasi dengan pimpinan daerah dan melakukan sinkronisasi dengan seluruh Dirjen Teknis.

Kabupaten Bintan yang termasuk dalam wilayah kerja Karantina Pertanian Tanjungpinang, diharapkan dapat mendorong dan memfasilitasi eksportir, UMKM dan calon eksportir komoditas pertanian untuk berorientasi ekspor, sehingga dapat meningkatkan ekspor komoditas pertanian di Bintan. Selain itu, Raden juga berharap konsen dan komitmen Pemkab Bintan dalam bentuk Surat Keputusan (SK) Task Force Gratieks, untuk meningkatkan ekspor.

“Kita juga telah menyediakan layanan Klinik Ekspor sebagai sarana konseling bagi eksportir, calon eksportir, UMKM dan petani milenial terkait ekspor komoditas pertanian yang didukung GM Garuda Indonesia dengan flight direct cargo. Karantina juga mengadakan bimbingan teknis peningkatan ekspor yang didukung oleh Bank Indonesia,” ujar Raden

Pemerintah Kabupaten Bintan berkomitmen dan mendukung program Gratieks dengan segera menugaskan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bintan untuk inventarisasi komoditas pertanian yang berpotensi untuk diekspor, yang bisa didorong untuk mendukung Gratieks.

Adi Prihantara menyatakan, “Kami sangat mendukung pencanangan komoditas ekspor, berkomitmen pertanian di Bintan harus digalakkan, selain untuk peningkatan ekspor juga merupakan upaya menjaga ketahanan pangan,”

“Pemkab Bintan mengharapkan dukungan dari Karantina dalam hal informasi persyaratan ekspor, sehingga memperlancar dan meningkatkan ekspor komoditas pertanian di Bintan,” pungkas Adi.

Dengan upaya gigih dan komitmen seluruh Satuan Kerja Pimpinan Daerah Kabupaten Bintan untuk mensukseskan program Gratieks, ini merupakan angin segar bagi petani, pengusaha dari hulu sampai ke hilir. Hal ini sesuai harapan Kepala Barantan, Ali Jamil, agar peningkatan produksi komoditas pertanian di hulu harus selaras sampai ke hilir.

#Gratieks

#LaporKarantina

#KarantinaPertanianTanjungpinang

Artikel Lainnya

Tinggalkan komentar