Sabtu, 23 Oktober 2021

EnglishIndonesian

BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS II TANJUNGPINANG

BADAN KARANTINA PERTANIAN
KEMENTERIAN PERTANIAN

Rakor Lintas Sumatera, Upaya Karantina Tanjungpinang Pertahankan Status Bebas Penyakit Jembrana

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tanjungpinang – Dalam mencegah masuk dan tersebarnya penyakit Jembrana di Kepulauan Riau, Karantina Tanjungpinang gelar Rapat Koordinasi Lintas Instansi se-Sumatera di CK Hotel Tanjungpinang, Senin (15/4) kemarin.

Ketergantungan masyarakat Kepulauan Riau (Kepri) terhadap bahan produk pertanian dari luar daerah seperti beras, daging, telur, sayuran dan bahan pangan lainnya masih sangat tinggi. Terlebih akan kebutuhan daging sapi, masyarakat Tanjungpinang masih mengandalkan sapi yang berasal dari Sumatera Selatan. Dalam sambutannya, Donny Muksidayan selaku Kepala Karantina Tanjungpinang menyampaikan bahwa berdasarkan data dari Balai Veteriner Bukittinggi dan Lampung, ditemukan kasus penyakit Jembrana di wilayah tersebut.

Penyakit jembrana merupakan penyakit menular akut pada sapi yang disebabkan oleh retrovirus, keluarga lentivirinea yang termasuk dalam famili retroviridae. Salah satu gejala penyakit jembrana adalah munculnya keringat darah pada sapi. “Saat ini, status penyakit jembrana masih bebas, jika penyakit ini masuk ke Kepri, akan menyebabkan kerugian ekonomi yang cukup besar sehingga kita harus selalu waspada,” jelas Donni.

Syahrul, Walikota Tanjungpinang yang hadir membuka rakor ini berharap akan ada tindak lanjut sehingga kesehatan daging sapi yang masuk ke Kepri bisa terjamin dan layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Agus Sunanto, Kepala Pusat Karantina Hewan – Badan Karantina Pertanian mengatakan karantina di seluruh Indonesia khususnya Karantina Tanjungpinang akan selalu siap mencegah masuk dan tersebarnya penyakit hewan di wilayah Tanjungpinang.

Rakor ini dihadiri oleh instansi terkait di daerah Tanjungpinang, UPT Karantina lingkup Sumatera dan Kepulauan Riau serta pengguna jasa setempat.

Artikel Lainnya

Tinggalkan komentar