Sabtu, 16 Oktober 2021

EnglishIndonesian

BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS II TANJUNGPINANG

BADAN KARANTINA PERTANIAN
KEMENTERIAN PERTANIAN

Presiden Lepas Ekspor Pertanian ke 61 Negara secara Virtual

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

#Rilis

#MerdekaEkspor

Presiden Joko Widodo pada Sabtu, 14 Agustus 2021 melepas ekspor komoditas pertanian secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Ekspor tersebut dilaksanakan secara serentak dari 17 pintu ekspor Indonesia dan akan dikirimkan ke 61 negara tujuan ekspor.

“Hari ini kita akan lakukan ekspor komoditas pertanian secara serentak dari 17 pintu ekspor melalui bandar udara dan pelabuhan laut di berbagai daerah di Indonesia sebagai momentum penguatan ekspor komoditas pertanian Indonesia dan menandai kebangkitan ekonomi nasional di tengah pandemi,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Dalam laporannya, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjelaskan bahwa nilai total ekspor dalam kegiatan yang bertajuk Merdeka Ekspor Pertanian Tahun 2021 tersebut mencapai Rp7,29 triliun.

Merdeka ekspor kali ini secara daring dihadiri para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur, Bupati/Walikota seluruh Indonesia, duta besar, eksportir, buyer secara daring dan pelaku usaha pertanian lainnya.

“Ekspor yang akan dilepas pada kesempatan ini sebanyak 627.399 ton senilai Rp. 7,29 triliun meliputi beberapa komoditas: (1) komoditas perkebunan 564.550 ton, (2) tanaman pangan 4.277 ton, (3) hortikultura 7.230 ton, (4) peternakan 4.013 ton, dan (5) beberapa komoditas lainnya,” kata Mentan yang hadir di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Adapun 17 pintu ekspor Indonesia yang menjadi tempat pelepasan ekspor komoditas pertanian secara serentak yakni:

  1. Pelabuhan Laut Kariangu, Balikpapan;
  2. Pelabuhan Laut Tanjung Perak, Surabaya;
  3. Pelabuhan Laut Dumai, Pekanbaru;
  4. Pelabuhan Laut Panjang, Bandar Lampung;
  5. Pelabuhan Laut Belawan, Medan;
  6. Pelabuhan Laut Tanjung Priok, Jakarta;
  7. Pelabuhan Laut Boom Baru, Palembang;
  8. Pelabuhan Laut Batu Ampar, Batam;
  9. Pelabuhan Udara Soekarno Hatta, Banten;
  10. Pelabuhan Laut Tanjung Mas, Semarang;
  11. Pelabuhan Laut Soekarno Hatta, Makassar;
  12. Pelabuhan Laut Trisakti, Banjarmasin;
  13. Pelabuhan Talang Duku, Jambi;
  14. Pelabuhan Teluk Bayur, Padang;
  15. Pelabuhan Tanjung Balai Asahan;
  16. Pelabuhan Laut Dwikora, Pontianak; dan
  17. Pelabuhan Laut Bitung, Manado.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo juga mengapresiasi para petani dan seluruh insan pertanian yang telah berperan besar memenuhi kebutuhan pangan masyarakat selama pandemi Covid-19. Selain itu, apresiasi juga diberikan atas peningkatan ekspor produk-produk pertanian Tanah Air

“Saya ingin menyampaikan penghargaan, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para petani, peternak, pekebun, pelaku-pelaku usaha agrobisnis, dan pemangku kepentingan pertanian lainnya yang selama masa pandemi telah bekerja keras, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, tetapi juga telah berhasil meningkatkan ekspor produk-produk pertanian,” ungkap Kepala Negara.

Bogor, 14 Agustus 2021

Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Website: https://www.presidenri.go.id

YouTube: Sekretariat Presiden

Artikel Lainnya

Tinggalkan komentar