Rabu, 19 Januari 2022

EnglishIndonesian

BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS II TANJUNGPINANG

BADAN KARANTINA PERTANIAN
KEMENTERIAN PERTANIAN

Mentan Panen Jagung Nusantara di Grobogan, Pejabat Karantina Pertanian Kawal Giat Serentak di Bintan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional sekaligus untuk memastikan ketersediaan stok jagung serta optimalisasi produksi dalam negeri guna memenuhi kebutuhan bahan pakan ternak dalam negeri secara mandiri Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah melaksanakan panen jagung nusantara diikuti secara serentak se-Indonesia secara virtual di masing-masing lokasi. Karantina Pertanian Tanjungpinang ikut aktif berpartisipasi pada kegiatan tersebut bersama Dinas Pertanian Kabupaten Bintan, Dinas Pertanian Propinsi Kepri dan BPTP Kepri di Tanjungpinang, Rabu (29/09).
Kegiatan dilakukan di lahan petani milik Pak Karim ketua kelompok tani Cahaya Tani yang berlokasi di desa Cikolek, Kecamatan Toapaya Kabupaten Bintan. Total luas lahan milik kelompok tani ada 30 Ha, namun saat ini baru digarap 3 Ha, dengan hasil panen per hektar mencapai 5-6 ton.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Bintan Khairul, mendapat dukungan penuh dari Kepala BPTP Kepri M.Alwi Musthaha, Kepala Karantina Pertanian Tanjungpinang, Raden Nurcahyo Nugroho. Kabupaten Bintan dengan lahan yang tidak begitu luas memiliki potensi untuk ditanami jagung dan tanaman hortikultura lainnya. Karantina akan mendampingi kegiatan pertanian di lapangan dengan harapan produk pertanian yang dilalulintaskan ke luar wilayah memiliki kualitas yang sesuai.
Selama ini kebutuhan jagung di Bintan masih mengandalkan dari daerah pulau Jawa dan Sumatra, semoga dengan kegiatan panen jagung serentak ini mampu meningkatkan semangat petani dan pengusaha untuk memenuhi jagung sendiri di Pulau Bintan. Panen raya ini membuktikan bahwa Bintan memiliki kapasitas berproduksi jagung. Secara Nasional Indonesia memiliki jagung yang berlimpah.

Artikel Lainnya

Tinggalkan komentar