Minggu, 26 September 2021

EnglishIndonesian

BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS II TANJUNGPINANG

BADAN KARANTINA PERTANIAN
KEMENTERIAN PERTANIAN

Karantina Tanjungpinang Dukung BALITPALMA dan PT. BOF Dalam Upaya Tingkatkan Ekspor

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tanjungpinang – Dalam upaya peningkatan ekspor, PT BOF mengirim sampel daun kelapa dan media tanam ke BALITPALMA melalui Bandara RHF Tanjungpinang. Karantina Pertanian Tanjungpinang memfasilitasi pengiriman sampel tersebut dengan melakukan sertifikasi (01/03).

Sampel daun kelapa dan media tanam tersebut akan dikirim ke BALITPALMA di Manado dan BALITRO di Bogor. Pengiriman sampel tersebut untuk dilakukan penelitian kandungan unsur hara, mineral dan bahan lain yang terkandung didalamnya.

Pejabat Karantina Pertanian Tanjungpinang melakukan pemeriksaan terhadap sampel tersebut untuk menjamin kesehatannya dan tidak membawa organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK). Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan kesesuaiannya, Pejabat Karantina Pertanian menerbitkan Sertifikat Kesehatan.

“Pengiriman sampel bagian tanaman kelapa merupakan salah satu upaya peningkatan produksi untuk tingkatkan ekspor. Upaya BOF dalam peningkatan kualitas dan perluasan pasar akan terus kita dukung,” ujar Raden, Kepala Karantina Pertanian Tanjungpinang.

Dari perkebunan kelapa yang sehat, BOF mengambil bahan baku kelapa untuk dijadikan beberapa produk olahan kelapa. Kesehatan tanaman kelapa dan vegetasi perkebunan harus mendapatkan jaminan kesehatan dari lembaga yang berwenang. Dari kelapa organik itulah BOF memproduksi santan, kelapa parut kering (LFDC), air kelapa siap minum dengan varian rasa, coco chips dan VCO.

Produk hasil olahan kelapa tersebut telah dikirim ke beberapa belahan dunia seperti Jerman, India dan Bangladesh. Sebagai komitmen peningkatan produksi dan peningkatan ekspor BOF mengirim sampel tersebut untuk dilakukan penelitian kandungan unsur hara dan bahan lain yang terkandung didalamnya agar kualitas produk semakin baik dan terjaga.

#LaporKarantina🦜🌱
#KarantinaPertanianTanjungpinang

Artikel Lainnya

Tinggalkan komentar