Sabtu, 16 Oktober 2021

EnglishIndonesian

BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS II TANJUNGPINANG

BADAN KARANTINA PERTANIAN
KEMENTERIAN PERTANIAN

Karantina Pertanian Tanjungpinang Tuntaskan Seluruh Tahapan Pendampingan BPP Model Kostratani

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tanjungpinang (04/09, Kostratani adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan, yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Peran kostratani adalah sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring kemitraan.

Setidaknya ada 12 syarat yang harus dipenuhi masing-masing BPP. Mulai dari penetapan lokasi BPP, sosialisasi kostratani, pelatihan TI dan manajemen data/informasi pertanian, pelatihan aplikasi pelaporan program utama Kementan, hingga pengimplementasiannya.

Karantina Pertanian Tanjungpinang selaku pendamping BPP model kostratani bertanggungjawab membimbing penyuluh yang ada di BPP Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan. Mereka didampingi untuk mampu mengimplementasikan penyusunan elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK), Penyusunan Calon Petani Calon Lahan (CPCL). Tak hanya menyusun, penyuluh juga harus mampu mengimplementasikan verifikasi CPCL, monitoring bantuan sarana produk pertanian. Implementasi pendampingan petani dalam mengimplementasikan program utama Kementan, monitoring dan evalusasi (Monev), serta pelaporan hasil kegiatan program utama Kementan menjadi pelengkap persyaratan.

Dari 12 persyaratan atau tahapan untuk menuju BPP model kostratani Karantina Pertanian Tanjungpinang telah menyelesaikan tanggung jawabnya mulai dari tahap 1-2 (30/07), tahap 3-5 (13/08), tahap 6-9 dan 12 (27/08), tahap 10 (01/09) dan tahap 11 telah dilaksanakan pada 02 September 2020.

Dengan selesainya seluruh tahapan menuju BPP model kostratani ini, Karantina Pertanian Tanjungpinang berharap tujuan utama Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) untuk mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern melalui penguatan dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang dimulai dari tingkat kecamatan dapat terlaksana dengan baik dan kedepannya pendampingan ini akan dilaksanakan secara kontinyu.

#Kostratani

#Gratieks

#Pertanian

#LaporKarantina

Artikel Lainnya

Tinggalkan komentar