Kamis, 23 September 2021

EnglishIndonesian

BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS II TANJUNGPINANG

BADAN KARANTINA PERTANIAN
KEMENTERIAN PERTANIAN

Jelang Ramadhan, Karantina Tanjungpinang Bersama Dinas Pertanian Sidak Pasar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tanjungpinang (16/05) Mengantisipasi masuk dan beredarnya produk-produk makanan menjelang bulan suci ramadhan, Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Tanjungpinang bersama Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepulauan Riau menerjunkan tim untuk melakukan inspeksi mendadak ke pasar-pasar tradisional, coldstorage, dan tempat pemotongan unggas di wilayah Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang. Tim terbagi menjadi lima, dimulai pukul 03.00 WIB dini hari untuk tempat pemotongan unggas dan dilanjutkan ke coldstorage serta pasar-pasar tradisional dan modern.

Tujuan sidak ini untuk melakukan peningkatan pengawasan kesehatan terhadap daging ayam dan sapi yang akan beredar di masyarakat. Untuk menjamin kesehatan daging tersebut maka dilakukan beberapa uji lapangan seperti uji formalin, kadar air, dan pengambilan sampel untuk uji lanjutan di Laboratorium UPTD Provinsi Kepri. Dengan dilakukannya sidak ini maka masyarakat tidak perlu khawatir akan kesehatan dan keamanan pangan yang akan dikonsumsi menjelang ramadhan ini. Kepala Seksi Karantina Hewan Tanjungpinang, drh. Gadis Rauzah mengatakan akan terus memperkuat kerjasama dengan dinas dan lebih meningkatkan pengawasan terhadap pemasukan dan peredaran produk-produk pangan ke wilayah Kab. Bintan dan Kota Tanjungpinang.

Selama bulan ramadhan sampai menjelang hari raya Idul Fitri, BKP Kelas II Tanjung Pinang berencana akan melakukan patroli rutin di pelabuhan-pelabuhan tikus untuk mengantisipasi pemasukan ilegal produk-produk pangan dari negara tetangga.

Artikel Lainnya

Tinggalkan komentar