Rabu, 19 Januari 2022

EnglishIndonesian

BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS II TANJUNGPINANG

BADAN KARANTINA PERTANIAN
KEMENTERIAN PERTANIAN

Bintan Raih Penghargaan Bidang Pertanian 2021

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Jakarta – Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, menyerahkan penghargaan bidang pertanian 2021 di Istana Wakil Presiden kepada Gubernur dan Bupati yang telah berhasil meningkatkan produksi pangan dan berhasil meningkatkan ekspor komoditas pertanian. Plt. Bupati Bintan, Robby Kurniawan hadir untuk menerima penghargaan tersebut di Jakarta (13/09).
Kabupaten Bintan meraih penghargaan untuk kategori peningkatan ekspor komoditas pertanian. Bintan termasuk dalam wilayah kerja Karantina Pertanian Tanjungpinang memiliki dua komoditas pertanian unggulan ekspor yaitu hasil olahan kelapa dan karet. Di masa pandemi ekspor karet dan hasil olahan kelapa terus meningkat, peningkatan ekspor tersebut tentu selaras dengan peningkatan pendapatan baik di hulu maupun di hilir yang berujung pada kesejahteraan petani dan masyarakat.
Dalam arahannya, Wapres menyampaikan bahwa, di masa pandemi covid-19 sektor pertanian mampu hadir menjadi tulang punggung bagi perekonomian nasional. Menurut data BPS, pada tahun 2020 sektor pertanian mampu tumbuh sebesar 1,75%, disaat sektor lain terkontraksi. Berdasarkan survei angkatan kerja nasional, di Februari 2021 lapangan kerja yang paling banyak menyerap tenaga kerja adalah sektor pertanian sebesar 29,29%.
Di Indonesia ada 46,30% keluarga yang menggantungkan hidupnya di bidang pertanian yang perlu ditingkatkan kesejahteraannya, sehingga pertanian masih perlu menjadi perhatian bagi pemerintah dan kita semua. Inovasi dan terobosan melalui reformasi pertanian, intensifikasi produksi dan peningkatan akses pasar menjadi upaya nyata yang harus diimplementasikan pelaksanaannya di lapangan secara konsisten untuk mewujudkan kesejahteraan petani.
Jika pertanian dapat diibaratkan sebagai tulang punggung perekonomian nasional maka partisipasi aktif kepala daerah adalah kalsium yang menjadi nutrisi penting dalam menjaga tulang punggung agar tetap sehat dan kuat.
“saya ucapkan terimakasih dan penghargaan kepada para pimpinan daerah yang telah berhasil menciptakan terobosan dan inovasi di bidang pertanian, sehingga mampu meningkatkan produksi dan meningkatkan ekspor,” ujar Wapres.
“semoga penghargaan ini dapat menjadi penyemangat bagi kepala daerah lainnya. Tetap produktif di masa pandemi, menjaga kesehatan dan tetap jaga protokol kesehatan, demi Indonesia yang sehat dan maju,” pungkasnya.

Artikel Lainnya

Tinggalkan komentar