Minggu, 26 September 2021

EnglishIndonesian

BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS II TANJUNGPINANG

BADAN KARANTINA PERTANIAN
KEMENTERIAN PERTANIAN

Bintan Pasok Arang Tempurung Kelapa Ke Jakarta

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tanjungpinang – Tempurung kelapa merupakan limbah dari pengolahan kelapa maupun kopra yang dapat diolah menjadi arang. Pejabat Karantina Pertanian Wilker Sri Bayintan Kijang melakukan pemeriksaan terhadap 24,8 ton arang tempurung kelapa yang dimuat dalam satu kontainer di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, Bintan (15/02).

Pemeriksaan yang dilakukan oleh Pejabat Karantina berdasarkan laporan agen kapal atas rencana pengangkutan arang tersebut ke kapal KM. Sumber Abadi tujuan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Pemeriksaan diawali dengan pemeriksaan administrasi yang dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik. Setelah dipastikan kesesuaian jenis dan jumlah media pembawa tersebut akhirnya disertifikasi.

Adi, pemilik arang tersebut menyatakan, “Arang yang akan dikirim tersebut merupakan arang yang dikumpulkan dari pembuat arang tempurung di daerah Kijang dan Tanjungpinang, adapun arang yang dikirim telah dipilih yang terbaik,”

“Komoditas arang termasuk kategori resiko rendah, karena pembuatan arang telah melalui proses pembakaran, sehingga kemungkinan membawa OPT/OPTK sangat kecil,” ujar Heru, Pejabat Karantina Pertanian.

Meskipun resiko rendah, namun Pejabat Karantina Pertanian tetap melakukan pemeriksaan untuk memastikan kesesuaian dokumen dan fisik komoditas pertanian yang dilalulintaskan. Sesuai amanah UU No 21 Tahun 2019 bahwa setiap tumbuhan maupun produk tumbuhan yang tidak diolah/telah diolah apabila dikeluarkan dari suatu wilayah wajib disertai sertifikat kesehatan, melalui tempat pengeluaran yang ditetapkan dan dilaporkan kepada Pejabat Karantina Pertanian.

#LaporKarantina

#KarantinaPertanianTanjungpinang

Artikel Lainnya

Tinggalkan komentar